[TV PROGRAM] MTV Ampuh

Untuk yang besar dan berkembang di era tahun 1990-an, pasti sangat, sangat, SANGAT familiar dengan satu program TV yang satu ini. Sebuah acara musik dan tangga lagu, namanya adalah MTV Ampuh.

Awalnya, MTV Ampuh tayang di ANTV di hari Sabtu siang. Saya ingat, saya menonton acara ini setiap pulang sekolah. Saat itu saya masih kelas 3 SD. Saat itu MTV Ampuh artinya adalah Ajang Musik Pribumi sepulUH. Saking sukanya saya dengan program ini, saya sampai punya buku yang isinya rekap chart MTV Ampuh setiap minggunya. Saya catat siapa saja penghuni MTV Ampuh. Saat itu, Sarah Sechan juga langsung ikut melesat di kancah dunia hiburan Indonesia sebagai VJ MTV. Bahkan saat MTV Ampuh sedang berjaya, saat itu juga teknologi HP mulai populer dan foto Sarah Sechan sempat digunakan dalam voucher isi ulang dari salah satu provider.

MTV Ampuh sendiri merupakan sebuah program TV yang isinya adalah membahas tentang lagu-lagu Indonesia yang sedang populer dan dikemas dalam bentuk tangga lagu. Pertama kali nonton, MTV Ampuh isinya adalah 10 lagu Indonesia ditambah 1 lagu yang akan mengisi chart MTV Ampuh. Istilahnya adalah Bubbling Under Video. VJ MTV-nya sendiri memang populer oleh Sarah Sechan, tapi mungkin juga diganti jika Sarah berhalangan (mungkin). Penggantinya adalah Jamie Aditya, Alex Abbad, atau Shanty. Dalam 1 jam acara MTV Ampuh, pokoknya lagu di posisi 8 pasti tidak pernah diputar penuh. Hanya cuplikan lagunya saja.

Memasuki era tahun 2000-an dan MTV bergabung dengan Global TV, MTV Ampuh mengubah konsep programnya. Masih tangga lagu, tapi kali ini tidak hanya 10, melainkan 20 lagu. Jadilah MTV Ampuh – Ajang Musik Pribumi dua pulUH. Shanty lebih sering memegang acara ini, karena Sarah juga mulai di MTV Asia di Singapura. Kalau yang di versi 20 lagu ini, lagu yang ada di posisi 18 dan 13 yang tidak pernah diputar penuh. Berganti konsep lagi, host MTV Ampuh pun mulai dicobakan kepada musisi yang saat itu lagunya sedang di chart. Ngeliat musisi kemudian jadi host yang kaku juga ngeliatnya.

Bisa dibilang, MTV Ampuh ini adalah salah satu alasan saya ingin berada di dunia berbicara, layaknya VJ MTV. Sepertinya seru gitu memberitahukan siapa di posisi berapa, naiknya berapa peringkat, turunnya berapa peringkat, mengenalkan lagu yang akan diputar, dll. Seru aja gitu menurut saya. Untungnya sekarang saya menjadi produser di acara tangga lagu di radio saya “Swaragama Persada 20”. Sudah setahun lebih. Hehehe.

Eh tapi kalau waktu itu, efek yang timbul adalah, saya punya chart versi saya sendiri. Jadi saya mendata lagu-lagu yang sering diputar di MTV dalam sebuah buku. Nantinya tiap minggu saya pun mendokumentasikan rekap lagu yang diputar di MTV, dalam sebuah acara chart versi saya sendiri untuk lagu manca dan lagu Indonesia. Itu bertahan selama 5 tahun. Dari kelas 5 SD sampai lulus kelas 3 SMP. Hahahaha. :))

Kalau dilihat kelanjutan acara MTV Ampuh, sekarang ini namanya 100% Ampuh, yang menurut saya aneh aja konsep acaranya. Dibikin format penampilan live dari musisi Indonesia, tapi ternyata malah menenggelamkan konsep asli dari MTV Ampuh itu sendiri, yaitu tangga lagu.

Ah I miss this TV programme so much!

One Response to [TV PROGRAM] MTV Ampuh

  1. Artikelnya bagus banget gan, Tapi maaf banget saya hanya bisa numpang komentar saja hehehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 8 =