[MUSIC REVIEW] Pemilihan Single ke-13 JKT48

Well, I guess I’m officially a JKT48’s fan. Hahahaha. =D

Masih lucu aja pas nyadar kalau sekarang saya mengikuti perjalanan dan perkembangan dari JKT48. Termasuk event penting dari JKT48 yang diadakan konsisten setiap tahun, yaitu Pemilihan Member Single JKT48 (sousenkyo).

Tahun 2016 ini merupakan kali ketiga bagi JKT48 mengadakan sousenkyo sejak tahun 2014. Tentu saja, tujuan diadakannya sousenkyo ini adalah untuk menentukan siapa saja member yang terpilih (senbatsu) untuk menyanyikan single baru dari JKT48 dan sousenkyo kali ini adalah untuk memilih senbatsu untuk single ke-13 JKT48.

Persamaan sousenkyo tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah sama-sama memilih 16 member yang akan menjadi senbatsu single ke-13 JKT48 (posisi 1 – 16) dan memilih 16 member lain untuk menjadi undergirls (posisi 17 – 32) untuk menyanyikan coupling song (B-side) single ke-13 JKT48.

Dari total (kayaknya) 67 member JKT48 dari Team J, Team KIII, Team T, dan Team Trainee, akhirnya terpilih siapa saja yang masuk Senbatsu single ke-13 JKT48. Dan …. Inilah ke-16 member JKT48 yang akan menyanyikan single ke-13 JKT48.

 senbatsu
Menurut saya, hasilnya cukup menarik. Ghaida yang berada di posisi pertama saat di hasil pemilihan sementara, rupanya harus rela berada di posisi 2 dan menyerahkan posisi center single ke-13 JKT48 kepada Jessica Veranda, yang terpilih lagi sebagai center dalam sousenkyo tahun ini. Hadirnya beberapa nama baru dalam daftar senbatsu tahun ini juga menarik. Shania Gracia dari Team T yang ada di posisi 11 dan Dena dari Team J yang ada di posisi 14. Vanka dari Team J yang dalam 2 sousenkyo sebelumnya belum sempat terpilih jadi senbatsu maupun undergirls, rupanya tahun ini berhasil berada di posisi 16 dan kembali menjadi senbatsu single JKT48, setelah terakhir tampil sebagai senbatsu dalam Papan Penanda Isi Hati (Kokoro No Placard). Sedangkan bagi Uty dan Rina Chikano yang sama-sama dari Team KIII serta Michelle dari Team T, tahun ini mereka berdua berhasil “naik kelas”, setelah pada sousenkyo tahun lalu mereka bertiga berada di Undergirls. Bedanya, bagi Uty, ini adalah kali pertamanya menjadi senbatsu single JKT48. Bagi Rina Chikano, ini adalah kali ketiganya menjadi senbatsu setelah single Papan Penanda Isi Hati (Kokoro No Placard) dan Angin Sedang Berhembus (Kaze wa Fuiteru). Sedangkan bagi Michelle, ini adalah kali keempatnya menjadi senbatsu single JKT48 setelah Pareo adalah Emerald (Pareo wa Emerald), Halloween Night, dan Beginner.

Oke, cukup membicarakan mengenai senbatsu single ke-13 JKT48. Kali ini beralih sejenak ke Undergirls. Dan ini lah mereka yang terpilih untuk menjadi Undergirls yang akan menyanyikan coupling song (B-side) single ke-13 JKT48.

undergirls
Ada beberapa nama baru yang muncul dalam barisan Undergirls. Dari Team T muncul Nadse dan Aurel, dari Team KIII ada Saktia. Sementara beberapa nama ada juga yang kembali dalam undergirls seperti sousenkyo sebelumnya. Sebut saja Jeje dan Naomi dari Team J, dari Team KIII ada Yona dan Sinka, yang kali ini akan menjadi center undergirls, dan dari Team T ada Shani. Undergirls kali ini juga menjadi kembalinya Nadila, yang kembali masuk undergirls sejak Malu Malu Lollypop (Hanikami Lollypop). Yang cukup mengejutkan, ada beberapa nama juga yang di sounsekyo sebelumnya masuk dalam senbatsu, tapi kali ini mereka harus “rela” masuk undergirls. Contohnya, dari Team J ada Sendy, Beby, dan Ayana, sedangkan dari Team KIII ada Viny yang turunnya sangat jauh dari posisinya tahun lalu.

Ada beberapa nama yang sebelum-sebelumnya pernah menjadi senbatsu dan undergirls untuk single JKT48, tapi tahun ini tidak terpilih sebagai senbatsu ataupun undergirls. Sebut saja Dhike, Frieska, dari Team J, kemudian dari Team KIII ada Acha, Hanna, Lidya, dan Rona, dan dari Team T ada Desy.

Kalau biasanya fans tidak diberitau apa judul single terbaru mereka saat pengumuman sounsekyo, untuk tahun 2016 ini, judul single ke-13 JKT48 diumumkan setelah formasi senbatsu diumumkan semua. Dan judul single ke-13 JKT48 adalah Mae Shika Mukanee, yang merupakan single ke-35 dari AKB48 yang pernah dirilis pada 26 Februari 2014. Lagunya seperti yang dibawah ini :

Pas saya dengar lagu dan nonton MV-nya, mmmm… sorry to say, saya tidak bisa membayangkan Veranda menjadi center lagu ini, with all those head-bangs. Jadi semacam PR besar buat Veranda. Please, surprise us, Veranda. Kira-kira kapan single ke-13 ini dirilis? Belum tau juga. Yang jelas, lagu ini juga akan menjadi lagu iklan untuk Honda. Sementara untuk undergirls masih belum diketahui lagu apa yang akan mereka nyanyikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

75 + = 77