[MOVIE REVIEW] Jalanan

Banyak hal yang bisa ditemui kalau kamu berada di jalanan, terutama di Jakarta. Mulai dari pejalan kaki, orang-orang yang mengejar bis kota, penjual minuman, termasuk juga melihat pengamen. Dalam sebuah film dokumenter berjudul Jalanan, kisah para pengamen ini dirangkum.

STORYLINE :

Ada 3 pengamen yang diceritakan dalam film ini : Boni, Titi, dan Ho. Dengan lokasi ngamen yang berbeda-beda, mereka juga mengalami pengalaman dan masalah yang berbeda-beda. Boni adalah seorang pengamen yang tinggal di kolong jembatan bersama beberapa temannya. Dia mengubah kolong jembatan menjadi “Hotel Grand Hyatt” versi dia. Tapi ternyata Boni diminta pindah oleh Pemda karena kolong jembatan akan diperbaiki. Di tempat lain ada Titi, seorang wanita yang menjadi pengamen untuk menghidupi keluarganya. Disamping mengumpulkan uang untuk mengamen, Titi juga mengejar pendidikannya yang sempat tertinggal. Ada juga Ho, seorang pengamen yang tergolong metal. Dari omongan dan lagunya, dia terhitung cukup vokal. Sampai kemudian dia menemukan seorang wanita yang dia cintai. Dengan masing-masing latar belakang, masalah masing-masing, dan tujuan hidup masing-masing, bagaimanakah para pengamen jalanan ini menikmati hidup? Bagaimanakah mereka tetap tersenyum di tengah hiruk pikuk ibukota? Saksikan film JALANAN!

TRAILER :

[youtuber youtube=’http://www.youtube.com/watch?v=TtIOFyNyF6U’]

REVIEW :

Oh my God! I love this movie! Film ini sukses membuat saya tersenyum lebar setelah menontonnya. Buat saya, film ini terasa sangat real. Nyata banget. Mungkin karena ini dokumenter ya. Jadi tingkat ke-nyata-aannya cukup tinggi. Walaupun dokumenter, film ini tidak membosankan. Durasi sekitar 100 menit juga dirasa cukup. Jadi sebelum film ini dirilis, ada film berjudul Street Ballad. Kalau di Street Ballad hanya mengangkat cerita tentang Titi, kali ini di Jalanan kisah Titi ditambah dengan kisah dari Boni dan Ho. Ada beberapa adegan di Street Ballad muncul lagi di Jalanan, tapi ada juga yang benar-benar baru. Yang jelas, kalau mencari sesuatu yang baru di film, nonton aja film Jalanan. Film bagus nih. Saya sempat berpikir, gimana kalau ketiga tokoh ini bertemu dalam satu frame. Tapi sepertinya kalau itu terjadi akan mengurangi unsur real dalam filmnya.

RATES : 4 of 5 stars.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

48 − 40 =