[MIND & THOUGHT] Manusia (hanya) Berencana?

Tahun 2013 udah masuk bulan Agustus aja nih. Masuk bulan ke-8. How’s life so far? Kayaknya sudah cukup lama sejak terakhir kali menulis di web ini dengan kategori “mind & thought”. Semoga sih tidak membosankan ya tulisan kali ini.

Jadi sebenarnya, tulisan kali ini berangkat dari sebuah rencana yang ingin saya lakukan di sepanjang bulan Agustus 2013 ini, yaitu satu hari menulis 1 artikel untuk web ini. Satu rencana yang sebenarnya tidak sulit untuk dilaksanakan. Tapi buat saya, menulis itu tidak gampang. Butuh sebuah kondisi dimana saya benar-benar in a good mood untuk bercerita sesuatu dalam sebuah tulisan. Beda hal-nya kalau saya menulis karena saya terikat dengan pihak ketiga. Sebagai tanggung jawab, ya mau nggak mau, in a good mood atau in a whatever mood, saya harus menulis. Hal ini sekaligus tantangan buat saya. Udah bayar sekian untuk beli domain dan hosting sendiri, masak hanya ditulis seminggu 2 kali maksimal. Hahaha. WISH ME LUCK!

Saya tiba-tiba teringat beberapa hal tentang kesuksesan saya menjalankan sebuah niat/rencana/apapun itu namanya. Jadi saya pernah dengan sukses menjalankan program 40 hari TANPA soda, 40 hari TANPA mengonsumsi mie, dan 40 hari TANPA minuman berwarna dan berasa (hanya minum air mineral). Saya benar-benar menghentikan pengkonsumsian soda dan mie pada waktu itu, dikarenakan saya merasa saat itu saya sudah terlalu berlebih dalam mengonsumsi soda dan mie. Begitupun dengan program 40 hari tanpa minuman berwarna dan berasa. Saya tetap makan seperti biasa, tapi apapun makanannya, saya hanya minum air putih atau air mineral. Hahaha.

Dengan segala rencana dan contoh sukses saya, tiba-tiba pemikiran saya melebar. Saya teringat dengan sebuah pepatah : Manusia berencana, Tuhan berkehendak. Entah itu sudah tidak relevan atau memang saya yang merasa ada yang kurang pas dengan kalimat itu ya, tapi menurut saya, manusia tidak bisa hanya sekedar berencana. Karena berencana itu masih sebuah abstraksi. Nggak jelas. Harus ada sebuah tindakan nyata dari rencana itu. Kalau tindakan itu berhasil ya berarti rencana itu dikehendaki Tuhan. Kalau tindakan yang dilakukan ternyata berbeda dari rencana, ya percaya aja lah kalau Tuhan menghendaki sesuatu yang baik untuk kita.

Intinya begini, manusia boleh berencana, manusia boleh bermimpi setinggi yang diinginkan, tapi coba deh jangan sekedar berencana. Jangan sekedar bermimpi. Mulai untuk bertindak, melakukan sesuatu supaya rencana yang diinginkan bisa tercapai. Berdoa juga sudah bisa dianggap tindakan. Tapi kuncinya satu, jangan egois. Jangan sampai ketika ternyata hasil dari tindakan itu tidak sesuai dengan rencana, lalu malah menyalahkan Tuhan. Itu lah kenapa ada istilah plan B. Rencana cadangan.

Jadi memang, segala hal yang terjadi di bumi ini pada semua makhluk hidup-Nya adalah kehendak Tuhan, untuk manusia, manusia yang merencanakan. Dan manusia juga yang melaksanakan rencana itu.

So, kembali ke paragraf atas, tentang rencana saya untuk menulis 1 hari 1 artikel, tulisan ini adalah tulisan pertama sebagai awal dimulainya program #AgustusMenulis. Silakan menanti, membaca, berkomentar, menanggapi segala macam tulisan yang akan saya siapkan dan akan saya publish di www.dimasdaniel.com ini. Akan ada beragam tulisan, mulai dari movie review seperti biasa, yang sedikit berbeda, mungkin akan ada film-film lama juga yang akan dibahas. Lalu juga akan ada mind & thought seperti tulisan ini, sharing pengalaman, book review, dan masih banyak lagi. Saya yakin akan ada banyak hal menarik yang bisa saya tulis disini. Pokoknya nanti akan ada 31 tulisan di sepanjang bulan Agustus 2013 ini. And again I say, WISH ME LUCK!

Have a good day, friends!

#DimasDaniel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 87 = 93