[GADGET REVIEW] Smartfren Andromax Tab 7.0

Hallo. Berjumpa lagi dengan Dimas Daniel. Masih dalam rangkaian #AgustusMenulis yang sudah memasuki hari ke-15. Kali ini saya akan mereview sebuah gadget. Sebuah tablet keluaran dari salah satu provider CDMA, yaitu Smartfren, please welcome …. Smartfren Andromax Tab 7.0!

Sebenarnya bisa dibilang terlambat jika saya baru mereview tentang gadget ini sekarang, karena gadget ini sudah dikenalkan sejak pertengahan tahun 2012 lalu dan saya pribadi sudah menggunakannya sejak Lebaran tahun lalu yang artinya sudah hampir setahun saya menggunakan tablet ini. Beberapa bulan setelah membeli tablet ini, Smartfren pun mengeluarkan NEW Smartfren Andromax Tab 7.0.  Jadi ya memang review ini cukup terlambat.

Penampakannya seperti ini :

smartfren lookUntuk spesifikasinya, ini dia :

smartfren spec

Dengan harga jual (saat itu) Rp 1.488 juta, menurut saya tablet ini sudah lebih dari cukup. Karena :

  • Sudah menggunakan OS Android Ice Cream Sandwich
  • Dilengkapi dengan kamera depan dan belakang yang masing-masing 2MP, sangat membantu untuk menggunakan Skype.
  • Koneksi internet dari Smartfren yang buat saya sih memuaskan, dan ketika tablet digunakan untuk tethering jadinya juga lancar.
  • Layar 7 inch, puas banget untuk melihat yang ada di layar, membaca artikel di internet, dan kalau melihat foto-foto orang jadi lebih jelas.
  • Didukung dengan lubang HDMI mini, jadi bisa disambung ke LCD jika presentasi.

Dan ketika membeli tab ini, yang akan didapat adalah seperti ini :

box smartfren

Berhubung saya hanya pengguna gadget amatir yang menggunakan gadget ini atas dasar keingintahuan dan sedikit kebutuhan, saya tidak terlalu paham dengan prosesornya, RAM-nya, dan bagian-bagian lain yang menurut saya sudah terlalu teknis. Jangan pernah tanyakan saya soal itu. :p

Biar adil, rasanya saya perlu juga memberikan kekurangan untuk tablet ini. Buat saya, ada 2 hal, yaitu :

  • Charger tablet ini sepertinya memang dirancang khusus. Saya termasuk orang yang gagal merawat charger tab ini. Hingga setahun pemakaian, saya sudah punya 3 charger Andromax Tab dikarenakan 2 kali chargernya patah. Selain itu, susah juga untuk mencari jarum atau jack untuk disambung dengan powerbank — supaya saya bisa nge-charge dimana saja. Beruntung salah satu teman ada yang memberikan jarum powerbank-nya yang kebetulan cocok dengan Andromax Tab saya — dan kebetulan sekarang sudah patah (juga). Mungkin Smartfren mau membuat jarum yang lebih kuat?
  • Di spesifikasi ditulis, kapasitas baterai 3000 mAh. Jujur saya tidak tau dengan kapasitas segitu bisa untuk tahan berapa lama. Selama saya pakai selama hampir setahun 1 ini, setelah di-charge sampai penuh, tab ini hanya bertahan kurang dari 5 jam. Bahkan dalam keadaan stand by. Bisa jadi karena aplikasi yang saya instal dan saya aktifkan memang terlalu banyak. Hampir semua aplikasi sosial media seperti Path, Twitter, Facebook, Instagram, serta untuk push mail juga dan saya mengaktifkan 3 akun e-mail sekaligus. Ya MUNGKIN itu berpengaruh. Mungkin. Tapi kok menurut saya harusnya bisa lebih dari itu ya?

Oh iya, tab ini tidak bisa diganti dengan provider lain, tapi nomor dan SIM card — atau istilahnya RUIM Card untuk jaringan CDMA, yang didapat saat membeli Andromax Tab bisa diganti dengan nomor Smartfren lain. Mungkin kamu sudah punya nomor Smartfren yang oke, nah nomor itu bisa digunakan dengan menyesuaikan kembali paket yang ingin dipakai untuk tablet ini.

Berikut ini adalah tampilan layar dari Smartfren Andromax Tab 7.0 :

smartfren screen

Seperti itu cerita saya seputar Smartfren Andromax Tab 7.0 ini. Secara keseluruhan, tab ini sangat membantu aktivitas saya. Sangat membantu — ya kecuali kalau baterainya habis ya. Tapi untuk koneksi internet, saya memang masih mengandalkan Smartfren. Selain menggunakan tab ini, saya juga menggunakan modem Mi-Fi yang menggunakan Smartfren sebagai operatornya. Semoga artikel kali ini bisa membantu ya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya! 🙂

8 Responses to [GADGET REVIEW] Smartfren Andromax Tab 7.0

  1. novista says:

    Saya jƱğα baru beli beberapa hari carger Ωyå Ʊϑάђ patah…
    Beli cas ϔªⁿĞ ori Θϊ ♏änä Ɣ媪 gan?

  2. izoy says:

    Kalo cara ngaktifin paket internetnya gmn? Soalnya saya biasa pake wifi terus hehe

    • Dimas Daniel says:

      Bisa coba download di Play Store : Smartfren Customer Information. Atau kalau online di PC, bisa buka : my.smartfren.com. Lalu daftarkan nomornya. 🙂
      Setelah itu bisa pilih paket yang ingin didaftarkan.

  3. izoy says:

    Makasih infonua, ohiya kalo tab ini bisa nelpon ga sih?

  4. Saya juga punya tab kaya gini mas, udah 2 tahun, dan batreynya drop bgt. Di cas penuh, ga ada 1 jam udah drop di kapasitas batrey 60% atau 57%. Tolong beri saran, apakah batreynya bisa diganti atau bisa diservis agar batrey bs tahan lebih lama? Karna ini gadget satu2nya. Makasih mas. Respon ya.

    • Dimas Daniel says:

      Hai Adelia.
      Dulu punya saya kalau sudah 70% langsung mati. Hahaha. Nampaknya memang dari sisi baterai, gadget yang satu ini tidak bisa diandalkan. Seperti yang saya tulis, daya tahan baterai ini tidak lama. Bahkan pada akhirnya, tablet saya ini tidak bisa lepas dari power supply.

      Untuk servis komponennya bisa atau tidak, itu sudah diluar kapasitas saya. COba bisa dibawa ke Galeri Smartfren terdekat di kota anda. Jangan lupa membawa surat garansi dan kelengkapan lainnya. SIAPA TAU bisa diklaim.

  5. iya mas, batreynya sangat dan amat sangat ga memadai.. mau cari powerbank tapi colokannya itu ga ada terus mas yang kaya gitu.. btw terimkasih mas sarannya. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 7 = 2