[30 DAY MUSIC CHALLENGE] Day 8

Hallo.. Selamat datang lagi di 30 Day Music Challenge yang kali ini udah masuk hari ke-8. Masih ada 22 hari menuju hari terakhir, jadi masih banyak lagu juga yang akan muncul. Termasuk hari ini ada 2 lagu lagi yang akan muncul. Okey, langsung aja kita sambut tema 30 Day Music Challenge hari ke-8!

Oh my God! Kok susah ya tema hari ini? Lagu yang nyeritain tentang obat-obatan terlarang atau alcohol. Buat lagu manca-nya sih udah dapet, tapi yang lagu Indonesia-nya ini yang masih mikir apa ya kira-kira. Ah! I GOT IT! Alright alright, let’s play!

1. BALIKIN – Slank

Balikin-balikin kehidupanku yang seperti dulu lagi…

Masih ingat dong dengan lagu yang satu ini? Lagu ini dirilis di sekitar tahun 1997-1998 dan menjadi single pertama dari album mereka berjudul TUJUH. Secara lirik, lagu ini tidak secara eksplisit menjelaskan tentang narkoba memang, malah liriknya seolah bercerita tentang seorang pria yang ingin lepas dari kekasihnya yang menyebalkan. Tapi dari yang pernah saya baca, justru lagu ini lah yang punya tema obat-obatan terlarang. Kabarnya, lagu ini dibuat karena saat itu 3 personil Slank yaitu Kaka, Bimbim, dan Ivanka ingin sehat dari jeratan narkoba, karena 2 personil Slank lainnya, yaitu Ridho dan Abdee sudah bersih dari narkoba. Tapi walaupun tentang narkoba, lagu ini juga masih sering dijadikan anthem buat mereka yang ingin lepas dari pasangan mereka yang posesif atau ngeselin. Well, yang namanya ketergantungan ya… Seringnya sih bikin susah. Stay away from drugs ya guys! Uang kamu berguna buat yang lain pasti.

2. BLAME IT ON THE ALCOHOL – Glee Cast

 

Akhirnya saya bisa juga memunculkan Glee Cast di postingan 30 Day Music Challenge. Well, of course, karena lagu ini muncul di Glee, otomatis lagu ini adalah lagu milik penyanyi lain. Lagu yang judul aslinya ditulis Blame It (On The Alcohol) ini pertama kali dinyanyikan oleh Jamie Foxx di tahun 2009. Dan serial drama musikal Glee menyanyikannya di episode Blame It On The Alcohol pada season 2 episode 14. Saat itu sekolah mereka sedang dalam persiapan Minggu Peduli Alkohol (Alcohol Awareness Week). Para personil New Directions–nama grup vokal utama di Glee kalau ada yang lupa, menunjukkan kepeduliannya lewat lagu dan mereka menyanyikan lagu yang bertema alkohol, salah satunya lagu ini. Padahal saat mereka menyanyikan lagu ini, kondisi New Directions lagi berusaha sober. Tapi ada satu line di episode tersebut yang mewakili pesan dari tema episode tersebut yang diucapkan oleh Brittany setelah mereka perform lagi Tik Tok, yaitu “Everybody, drink responsibly.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

92 − = 90