[MOVIE REVIEW] Glee – The Concert Movie

Ada yang nggak tau tentang GLEE? Wah. Kalau kamu termasuk orang yang tidak tau tentang Glee, saya cuma bisa bilang, “SERIUS?” Hahaha. Yes. Glee aslinya adalah sebuah serial TV asal Amerika Serikat yang mulai mengudara sejak 2009. Glee bercerita tentang sebuah kelompok paduan suara di William McKinley High School yang merupakan kelompok yang dipandang sebelah mata di sekolah mereka. Sampai akhirnya, mereka berhasil membuktikan bahwa mereka bisa berprestasi.

Saat review ini ditulis, Glee sedang mempersiapkan musim kelimanya. Bisa dibilang, tahun 2009 sampai 2011 adalah tahun keemasan buat Glee. Perolehan rating dan respon penonton yang besar di 2 musim pertama, membuat para kreator Glee mencoba beberapa inovasi. MUNGKIN untuk memanfaatkan momen. Namanya juga bisnis. Salah satunya adalah mengadakan KONSER TUR! Karrena Glee adalah serial musikal dan lagu-lagu yang dinyanyikan di tiap episodenya selalu menjadi hits, jadilah selama 2 tahun di 2010 dan 2011, setiap setelah akhir musim, para pemain Glee akan menyapa para Gleeks — sebutan untuk fans Glee, di sejumlah kota yang sayang sekali mereka belum mampir di Indonesia.

Sebuah kejutan juga datang di tahun 2011. Selain mengadakan konser tur, ternyata para kreator Glee menyiapkan sebuah film untuk Glee. Film ini rencananya adalah sebuah film dokumenter saat mereka mengadakan konser tur di tahun 2011 — setelah Glee musim kedua berakhir.

Panjang ya prolognya? Hahaha. Oke, pada akhirnya, saat film ini sudah mendapat jadwal rilisnya, di Indonesia malah terjadi kasus penunggakan pajak yang mengakibatkan film-film Hollywood tidak bisa masuk dan tidak bisa tayang di Indonesia, salah satunya adalah film Glee The Concert Movie ini. Saya pun memutuskan untuk membeli DVD-nya saja.

Dalam format film, mereka yang tidak bisa menonton langsung para pemain Glee diatas panggung tetap bisa menikmati hiburan yang diberikan oleh para pemain Glee. Film “Glee The Concert Movie” ini sebenarnya disiapkan dalam format 3D, tapi rupanya saat merilis dalam format DVD, disediakan juga format 2D.

Dalam film ini, pengemasan Glee The Concert Movie tidak full berisi penampilan dari para pemain Glee, tapi ada juga insert dan footage dari beberapa gleek yang menonton konser tersebut. Para gleek terpilih ini bercerita tentang bagaimana Glee mempengaruhi hidup mereka. Ada gleek yang gay, ada gleek yang memiliki kekurangan pada tinggi badan, ada juga gleek yang mengidap asperger, dan mereka menceritakan bahwa Glee memberikan efek kepada mereka supaya tetap tegak berdiri, believe in yourself, dan tidak perlu malu.

Lagu-lagu yang ditampilkan dalam film konser ini juga banyak banget. Mulai dari Born This Way, Firework, I Wanna Hold Your hand, Forget You, dan masih banyak lagi, termasuk their signature song : Don’t Stop Believing.

Secara keseluruhan, saya sih menikmati film ini. Walaupun ada beberapa transisi dari satu adegan ke adegan lain terasa kasar. Tapi ya, film ini menghibur. 🙂

RATES : 4 of 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 9 = 1