[BOOK REVIEW] Titiek Puspa: A Legendary Diva

Sebenarnya buku ini sudah diluncurkan tahun 2008. Saya cukup beruntung masih bisa menemukan buku ini di sebuah toko buku di kota saya dan saat itu sudah tinggal satu-satunya. Buku ini berkisah tentang seorang penyanyi Indonesia yang sangat legendaris dan sudah berpuluh-puluh tahun berada di dunia hiburan Indonesia. Judul buku ini adalah “Titiek Puspa: A Legendary Diva”.

re_buku_picture_81307

Karena buku ini adalah buku biografi, jadi jelas bahwa buku ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang wanita Indonesia bernama asli Sudarwati, lalu berganti Kadarwati, lalu berganti lagi menjadi Sumarti. Pergantian nama ini dikarenakan Titiek kecil sering sakit-sakitan. Orang tuanya pun mengganti namanya tapi nampaknya tetap ingin anak ini dipanggil Titiek. Bukan perjuangan yang mudah bagi Titiek Puspa untuk bisa masuk ke dunia hiburan tanah air. Bayangkan, pada jaman saat itu, mungkin di era tahun 1940an – 1950an, belum banyak media untuk menyalurkan kesenian seperti musik, menyanyi, berakting, dll. Apalagi kehidupan keluarga Titiek Puspa tidak bisa dibilang berkecukupan dan hidupnya pun berpindah-pindah. Sampai suatu saat, Titiek yang mengidolakan Bing Slamet mendapat kesempatan untuk bernyanyi di Jakarta karena menjadi salah satu juara di lomba bintang radio. Tapi Titiek Puspa sempat ragu karena orang tua-nya termasuk yang tidak mendukung hal ini. Dari sini lah awal Titiek menggunakan nama Titiek Puspa untuk nama panggungnya. Rupanya, keberangkatannya ke Jakarta menjadi pembuka jalan untuk karir dunia hiburannya. Titiek Puspa pun mulai menghasilkan berbagai karya musik. Tidak hanya musik, Titiek Puspa juga membintangi sejumlah film dan sukses dengan operet Papiko-nya, yang selalu ditunggu tiap menjelang Lebaran. Tidak hanya itu, kini Titiek Puspa mulai menjalani bisnis catering yang dia jalankan bersama saudara-saudara kandungnya.

Dibuku ini juga diceritakan mengenai kehidupan pribadi Titiek Puspa yang pernah mengalami pasang-surut dunia pernikahan, bagaimana ia gagal di pernikahan pertamanya, bagaimana dia melihat sendiri suaminya selingkuh, termasuk ketika menceritakan sebuah kebenaran kepada kedua anaknya. Yang jelas, Alberthiene Endah sebagai penulis buku menceritakan secara lengkap seputar kisah hidup Titiek Puspa. Sebagai pembaca buku biografi, saya cukup puas dengan buku ini. Banyak juga foto-foto yang menghiasi buku ini. Nice book! Semoga selalu bahagia dan sehat selalu, eyang Titiek Puspa! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

87 − = 85