Konser Be3 “Dream of My Heart”

WE ARE ONE.. IN FACING THE FUTURE.. CHALLENGES AND PROMISE AWAITS US..

Inilah lagu yang menandakan dimulainya Konser Be3 “Dream of My Heart” yang bertempat di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki. Lagu We Are One yang terdapat dalam album Cintailah Aku dan Kerinduanku ini seolah memang menggambarkan Be3 yang sudah bersama selama 20 tahun dan semoga masih terus bersama di tahun-tahun berikutnya. Dan memang benar, konser ini memang dilaksanakan bertepatan dengan 20 tahun kebersamaan Be3 di dunia musik Indonesia.

Konser yang mulainya sempat terlambat 30 menit dari waktu yang tertulis di tiket dan poster-poster ini berjalan selama lebih dari 2 jam dengan membawakan total sekitar 30an lagu. Setelah We Are One, Be3 melanjutkan dengan lagu lain yang cukup menghentak : Love Song. Baru setelah itu, mereka cooling down dengan lagu Selamat Datang Cinta dan Cinta Sampai Mati.

Bintang tamu pertama yang tampil malam itu adalah grup 5 Romeo yang membawakan lagu Salamku Untuk Cinta Pertama yang diambil dari album keempat Be3, Auraku. Setelah penampilan 5 Romeo, Be3 kembali dengan lagu Kasih dan Cintamu dan dilanjutkan dengan lagu Get Into The Heat. Yang menarik dari penampilan Get Into The Heat, Be3 tampil tanpa memegang microphone ataupun menggunakan clip on. Lalu suaranya bagaimana? Jadi di lagu ini ada 3 dancer pria yang bertugas memegang microphone untuk masing-masing personil Be3. Jadi kekompakan Be3 dan dancers sangat dibutuhkan di lagu ini. Sebuah penampilan yang brilian!

Berikutnya, masing-masing personil mendapat jatah untuk bernyanyi solo. Nola tampil pertama dengan lagu Peluk Diriku Jangan Kau Lepas, dilanjutkan Cynthia dengan Cinta Yang Kau Benci, dan dilanjutkan Widi dengan Biar. Saat menyanyikan Peluk Diriku Jangan Kau Lepas, Nola tidak kuasa menahan harunya. Entah apa yang diingatnya waktu itu, tapi air mata pun menetes dan Nola sempat tidak mampu bernyanyi beberapa detik sebelum akhirnya dia mampu menyelesaikan lagu itu dengan baik. Setelah tampil masing-masing, mereka kembali tampil bersama dalam lagu Hari Hari Bersamamu, yang membuat saya ingat saat Be3 menjadi bintang iklan Lux.

Bintang tamu kedua yang tampil adalah Cherrybelle dengan formasi berdelapan, menyanyikan A Ya Ya. Para personil Be3 juga ikut bernyanyi menjelang lagu ini selesai dan memberikan pesan ke Cherrybelle supaya tidak bubar. Setelah tampil bersama Cherrybelle, Be3 yang sudah berganti kostum dan berganti model rambut menjadi rambut panjang, melanjutkan konser dengan lagu Cintailah Aku yang diiringi oleh grand piano dari Andi Rianto. Lagu “Andaikan Saja” dinyanyikan selanjutnya dan dinyanyikan oleh Cynthia yang sebelum bernyanyi sempat berkata, “Inilah lagu yang saya ciptakan bersama sahabat saya.” Kalau Be Friends sejati, pasti tau siapa pencipta lagu Andaikan Saja, tapi si sahabat yang disebut Cynthia baru muncul di lagu selanjutnya, yaitu Setelah Kau Hadir. Dan sahabat yang dimaksud Cynthia adalah Lusy Rahmawaty! Duet Cynthia dan Lusy berlanjut di lagu Pertemuan Kita, sementara Nola dan Widi bergabung menjelang akhir lagu. Sebelum ke lagu selanjutnya, Nola, Widi, Cynthia, dan Lusy sempat bercerita tentang pengalaman mereka dan juga menyapa orang-orang yang turut membuat Be3 menjadi hingga sekarang. Kemudian mereka pun menghentak dengan lagu Takkan Berhenti dengan menggunakan koreografi asli dari lagu tersebut. Setelah itu, Lusy pun berpamitan dan konser berlanjut dengan lagu Nyanyian Cintamu. Saya pribadi agak mengharapkan lagu Nyanyian Cintamu ini dinyanyikan Be3 dengan Lusy Rahmawati juga. Tapi ya sudah lah. Takkan Berhenti cukup membuat puas. Segmen setelah ini adalah favorit saya.

Be3 dalam beberapa kostum saat konser.
Pict courtesy : @Be3Official

Maya Hasan tampil berikutnya dengan harpanya dan kemudian mengiringi Be3 menyanyikan Suaramu. Yang menarik dari penampilan Suaramu, masing-masing personil Be3 tampil dengan outfit dari Sulawesi dan mereka juga menampilkan kemampuannya masing-masing. Widi menyinden, Nola menari piring, dan Cynthia bermain tifa. Setelah Suaramu, Be3 memberikan kejutan dengan “Tribute to Trio”. Mereka menyanyikan lagu-lagu yang dipopulerkan oleh trio-trio yang ada di Indonesia secara medley. Dibuka dengan lagu Takkan Habis Cintaku yang dipopulerkan Lingua, dilanjutkan Kusadari (Rida Sita Dewi), Semua Jadi Satu (Di3va), Aku Suka Kamu (Trio Libels), Nona Manis (3 Dara), Jangan Marah (Trio KWEK KWEK!!!), dan ditutup dengan hits klasik milik Hutauruk Sisters, Dirimu Satu. Seperti yang saya bilang tadi, segmen ini adalah bagian favorit saya. And it was the best part! Saat menyanyikan Semua Jadi Satu, Be3 juga mengajak Titi DJ dan Ruth Sahanaya bernyanyi bersama. Kurang KD. Walaupun kata teman saya, KD sebenarnya datang, tapi pulang lebih dulu. Saat Trio Libels, Be3 mendatangi bangku Roni Sianturi dan Edwin Manansang. Kejutan luar biasa adalah ketika Be3 menyanyikan Jangan Marah. Siapa yang menyangka? Great surprise! Saat di lagu medley terakhir pun, Be3 bernyanyi dengan ala-ala seriosa dan vibrasi sana-sini. Menghibur! Lebih menghibur saat melihat ekspresi Nola bernyanyi. Comedic! Bagian medley ini benar-benar menghibur. Kemudian dilanjutkan dengan medley lagu Optimis dan Hasratku. Saat menyanyikan lagu ini, Be3 mendapat surprise dari suami masing-masing yang membawakan handuk dan minum. Sweet! Lagu favorit saya dinyanyikan selanjutnya : Apa Adanya. Benar-benar segmen favorit saya.

Tampil selanjutnya adalah Raisa, dengan lagu Be3 berjudul Tetap Menunggu. Dilanjutkan Be3 yang tampil berikutnya dengan tampilan jas hujan. Ketebak akan nyanyi lagu apa ya? Yes. Kerinduanku. Yang nggak ketebak, di tengah lagu Kerinduanku, benar-benar dibuat hujan. Panggung diguyur hujan. WOW! Bring back old memory, huh? Great! Next, langsung Be3 berganti kostum dan menyanyikan lagu Auraku dan konser pun ditutup dengan lagu terbaru Be3 berjudul Bernyanyi Dengan Hati. Konser pun selesai.

Saya kehabisan kata-kata. LUAR BIASA! Benar-benar penampilan yang luar biasa. Tidak terasa mereka sudah berkarir 20 tahun. Saya ingat dulu saya punya kaset-kaset mereka, 3 album yang pertama : Cintailah Aku, Kerinduanku, dan Nyanyian Cintamu. Dua album terakhir harus saya akui album itu kalah populer dengan album-album musik dari musisi lain yang saat itu ngehits. Tapi secara kualitas padahal 2 album terakhir mereka : Auraku dan Selamat Datang Cinta keren lho. Beneran. Tapi ya sudahlah. Mari kembali membicarakan Konser Dream of My Heart.

Guest stars Konser Be3 (clockwise) : Raisa, Lusy Rahmawaty, Maya Hasan, 5 Romeo, Cherrybelle.
Pict courtesy : @Be3Official and @ren4ldo

Sepanjang konser, saya tidak berhenti nyanyi mengikuti lagu. Setiap lagu selesai, selalu tepuk tangan dan teriak kegirangan. Di titik ini, saya langsung berpikir, untung saya jadi nonton! Saya baru beli tiket beberapa hari sebelum konser. Untung dapet. Untung jadi berangkat. Hehehe.

Dengan segala bintang tamu yang muncul, mulai dari Maya Hasan, 5 Romeo, Cherrybelle, serta Raisa, Be3 tetap menjadi bintang di konsernya. Mungkin faktor pemilihan lagu. Kebetulan 5 Romeo dan Raisa mendapat lagu yang tidak dijadikan single Be3. Cherrybelle agak beruntung karena mendapat A Ya Ya, single kedua dari album Nyanyian Cintamu. Ah! Lusy Rahmawaty. Saya menganggapnya bagian dari perjalanan Be3, bukan bintang tamu biasa. Kurang puas sebenarnya Lusy hanya muncul sebentar di konser ini. Tapi ya sudah lah. Be3 sekarang adalah Nola, Widi, dan Cynthia. Dan saya yakin, Be3 sudah siap dengan karya-karya baru yang mementingkan kualitas suara dan penampilan. Oh iya! Konser ini juga makin gemilang dengan iringan Andi Rianto dan juga didukung orang-orang yang berpengalaman di bidangnya untuk membuat sebuah pertunjukkan. Luar biasa! Saya sendiri berharap Konser Dream of My Heart ini dibuat DVD-nya. Amiiin. 🙂

Thank you for the great concert, Be3! Selamat ulang tahun ke-20! 🙂

3 comments

  1. “Saya ingat dulu saya punya kaset-kaset mereka, 3 album yang pertama : Cintailah Aku, Kerinduanku, dan Nyanyian Cintamu.”
    di perpustakaan kaset saya, ada 2 album AB Three sblm 3 album ini: Nina Poni (1993) yg merupakan kompilasi penyanyi2 Asia Bagus dan Surat Undangan (1994):)

  2. Sukses untuk BE3…nostalgia jaman dikampus, sampe note book kuliah gambar ABThree s’mua :D…rekaman konser Dream Of My Heart ∂ï bikin DVD nya ϑöηќ…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

65 + = 71